ID

Translate:

Jl. Istana Regency 1 Blok C2/No. 6A RT04/RW01 40173 Kel. Cicendo, Kel. Padjajaran Kota Bandung
|
drh Amir Candra

Dokter Hewan in Bandung
drh. Amir Candra

FAQ

Apa itu Sectio Caesarea?

Pada anjing, Sectio Caesarea dapat dilakukan secara rutin bila dilakukan oleh dokter hewan yang berpengalaman dan rapi dalam proses operasinya. Sectio Caesarea  digunakan untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup baik untuk ibu dan anak-anak anjing. Karena operasi ini melibatkan lebih dari satu anjing, maka tim dokter hewan, ahli anestesi, dan perawat diperlukan untuk melakukan operasi.

Bagaimana prosedur Sectio Cesarea pada anjing?

Sebagian besar operasi caesar pada anjing tidak terencana namun dengan konsultasi perkawinan, kehamilan dan persalinan dengan dokter hewan yang tepat maka semua dapat direncanakan. Semua persiapan operasi harus dilakukan sebelum anestesi umum diberikan. Obat bisa diberikan untuk menenangkan hewan saat ini. Bagian bawah perut kemudian bisa dicukur dan dibersihkan. Perhatian ekstra diperlukan dalam menjaga kebersihan area perut, karena antibiotik dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut pada ibu menyusui dan anak anjing muda. Anestesi umum kemudian dapat diberikan, dengan anestesi local. Segala sesuatu yang dilakukan sejak saat ini dan seterusnya harus dilakukan secepat dan secermat mungkin. Begitu perut terbuka, rahim dibawa ke permukaan. Lubang itu harus cukup besar agar anak anjing bisa ditarik. Plasenta harus dipisahkan dengan lembut dengan masing-masing pup jika memungkinkan. Tanduk uter pertama bisa ditempatkan kembali di tubuh, dan prosesnya kemudian akan diulang dengan tanduk uter kedua. Setelah semua anak anjing keluar, plasenta harus dihitung untuk memastikan tidak ada yang tinggal di rahim, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi. Setiap anak anjing harus dikeluarkan dari kantungnya, masing-masing tali harus dikerutkan dan kemudian dipotong. Lokasi bedah kemudian dijahit dengan jahitan.

Apa manfaat Sectio Caesar pada anjing?

Sectio Caesarea menghasilkan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi untuk ibu dan anak anjing daripada persalinan normal yang panjang dan sulit. Tidak ada solusi lain untuk meredakan masalah kehamilan. Kebanyakan Sectio Caesarea berhasil, walaupun tingkat kelangsungan hidup anak anjing lebih rendah daripada kelangsungan hidup ibu. Prosedur ini terkadang dipasangkan dengan ovariohysterectomy jika ibu tidak ingin untuk dikawinkan lagi.

Apa itu Bedah Pengangkatan Tumor?

Kata tumor mengacu pada pertumbuhan sel abnormal yang menghasilkan pembentukan benjolan. Namun, tumor secara luas memiliki arti penting dari pertumbuhan yang tidak berbahaya (digambarkan sebagai 'jinak') terhadap benjolan yang mengancam jiwa secara agresif sehingga sel kanker benih ke bagian tubuh yang lain (digambarkan sebagai 'ganas'). Bagi banyak benjolan, paling baik adalah untuk hati-hati dan mengobati mereka lebih awal, sehingga bisa mengurangi risikonya jika mereka ganas. Bergantung pada jenis tumor, pilihannya meliputi operasi pengangkatan, kemoterapi, atau perawatan radiasi. Dari jumlah tersebut, operasi pengangkatan sejauh ini merupakan tindakan yang paling banyak dilakukan dan umum dalam praktik kedokteran hewan. 

Bagaimana tingkat keberhasilan operasi pengangkatan tumor?

Keberhasilan operasi tergantung pada:

  • Jenis tumor
  • Seberapa awal tumor itu diketahui oleh dokter
  • Aksesibilitas
  • Berapa banyak jaringan yang dikeluarkan dari sekitar tumor
  • Teknik bedah